Chat

Senin, 28 Februari 2011

Things I've Learned Recently

I Love My Girls Blinkie

Baru-baru ini pan aye kedatengan sodara aye dari mana-mana tuh. Dan banyak banget hal-hal yang terjadi. Kedatangan pertama yaitu pas adek gue yang paling bocah akikahan. Ada dek zhira, dek salsa, dek salma, bang maulan, kak thisi, tante dwi, om unggul, om jujur, tante novi, and of course mak tuo roxy. Jadi biasalah seperti apa yang dilakukan sodara-sodara sekalian kalau ketemu sodara yang notabene jarang ketemu, pastinya having chit-chat together, ngumpul ngerubun kayak semut ketemu gula, and sharing experiences. Gue ngerasa cukup have fun bareng mereka, gue yang notabene pendiem amat sangat waktu SMP k bawah, sekarang gue udah bermetamorfosis menjadi sosok gadis yang aktif dalam suatu forum, banyak bicara, cantik dan baik hati (?)

Jadi ada sodara sepupu gue yang juga pengen les biola, yah tentu aja gue sebagai seseorang yang  udah menekuni bidang ini seenggaknya membantu dengan memberikan info ter-up to date mengenai biola. Yah, at least gue ngerasa seneng aja bisa bantu dia buat lebih mengenal biola. Biar kata gue juga violinist super-duper amatiran :( Sodara gue banyak bilang kalau gue udah banyak berubah sekarang ini, gue jadi lebih aktif, lebih bersosialisasi, bahakn mereka juga bingung si suci mulut terkunci bisa jadi si suci bermulut100 hahaha... Well, we have to change for our better future.

Dan tentunya disela percakapan ala kumpul sodara, ada banyak banget hal yang gue pelajari dari mereka. Gue ngerasa seneng aja, karena dengan bergabungnya gue ke dalam lingkaran pergaulan saudara, gue bisa mengambil cukup banyak pelajaran yang hope will be useful. Lagipula perubahan yang terjadi pun, lebih ke arah motovasi dari dalam diri maupun luar sekaligus intensitas maturity yang bertambah. Dulu waktu gue paling banter SMP lah, setiap ada tamu gue pasti bakal ngurung di kamar, nggak keluar apalagi ngobrol. Tapi sekarang, gue beda, gue bukan suci yang kayak gitu lagi. Gue bukan suci yang pemalu, yang malu untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, gue ngerasa sekarang gue udah bisa menjadi sosok pribadi yang lebih baik, meskipun nggak baik-baik amat hahaha... Tapi yah at least, sekarang gue lebih aktif dalam memperluas pergaulan, gue gabung ini-itu, ikut organisasi, karena apa? Karena gue ingin ada perubahan dalam hidup gue. 

Gue seneng dan amat sangat bersyukur atas keadaan gue sekarang. Gue ngerasa Allah udah baik banget sama gue, ngasih gue kehidupan yang lebih dari cukup, dan amat dekat dengan kata sempurna bagi gue. Gue punya Papa, Mama, 2 adek yang sering ngeselin, temen-temen yang baik dan mudah-mudahan bisa dipercaya, lingkungan yang comfort, dan terpenting menjadi seorang muslim.

Yang gue pelajari dari berbagai percakapan ngalor-ngidul tersebut adalah :

- Kita harus bisa men-treat saudara dengan baik, karena apa ? Karena suatu saat kita butuh, kita nggak bakal segan buat minta tolong. Dan mereka pun tanpa ba-bi-bu juga bakal nolong kita. Emang ini kata-kata yang sepele, sering banget gue dinasehatin kayak gini sama ortu. Tapi yah, masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Udah banyak banget contoh yang gue liat secara directly, orang-orang di sekitar gue yang banyak berbuat kebaikan, seperti si mbak, wak sopir, mereka mau ngebantu gue dan siap sedia buat gue karena bokap-nyokap memberi mereka imbalan, coba kalau nggak mereka juga ogah banget siaga buat gue terus-terusan. Sedangkan sodara, mereka juga pasti bakal siap sedia buat nolong kita saat kita bener-bener butuh bantuannya. Saat kita buth bantuan merekalah, hal-hal sulit bermunculan. Kalu kita dulunya bisa memperlakukan saudara dengan baik pasti mereka tanpa banyak cincong maupun imbalan , mereka pasti mau nolong kita :)

- Kesuksesan seseorang tidak tergantung atas kepintaran akademik, namun personality. Bokap gue sering banget ngomong soal ini (maklum beliau kan motivator gitu hahaha) Bokap gue bilang, di antara 9 bersaudara, bokap gue lah yang paling ucul otaknya. Sodara bokap gue semuanya berotak cemerlang, ada yang akselerasi-lah, siswa teladan, juara umum, juara ini-itu. Tapi yah itu semua juga nggak menjamin kesuksesan seseorang. Bokap gue juga nggak nyangka, seseorang dengan otak super ucul macam beliau bisa menjadi 'seseorang' di saat ini. Bahkan adek bokap gue lulus duluan dari bokap gue, karena sekolah lompat-lompat gitu. Tapi kembali lagi, itu semua nggak menjamin. Yang perlu kita persiapkan adal personality yang baik, pembawaan diri, dan self-confidence. Gue ngerasa ada banyak personality gue yang mirip dengan beliau. Otak gue pas-pasan (menurut gue, tapi kata orang laen nggak -_-) Gue bisa mencapai ini-itu bukan karena gue bawaan orok udah cemerlang, tapi gue cukup rajin. Gue bukan tipe orang yang tertarik belajar pelajaran akademik. IQ gue juga rata-rata, beda sama adek gue yang kelas akselerasi dengan presentasi IQ menunjukkan posisi GENIUS. Gue cukup pundung ngeliat rentang IQ gue sama adek gue yang cukup jauh. Tapi yah sekali lagi gue tekankan personality. Gue mungkin bukan orang dengan intelejensi tinggi, tapi seenggaknya gue pengen memperbaiki pembawaan diri. Gue yakin dan percaya, tiap manusia punya jalan masing-masing menuju sukses, meskipun nilai fisikanya 30 dan selalu remedial. (fakta gue banget -_-)

-Harus jadi sosok yang kuat, kalu hal ini mungkin nggak perlu dijelasin kali ya, pasti pada ngerti kan ?? :)

Itu dia pelajaran super duper berarti yang gue pelajari baru-baru ini. Gue harap, ini juga bisa jadi motivasi sekaligus pelajaran buat visitors sekalian.

Bonus cerita :)

Ulangan fisika >> Pas ulangan fisika baru-baru ini gue dapet 30 !!! Bener-bener dewa tuh nilai, bikin ngenes -_- Gue bingung kenapa gue dapet 30, padahal jawaban gue bener, dan yah gue nggak nyontek :) Ternyata guru gue bilang caranya salah (essay gitu) Ih kalau menurut gue ya, asal jawabannya betul mah harus tetep betul. Guru gue bilang, cara gue tuh terlalu menyimpang, meskipun jawabannya betul. Nggak berdasarkan apa yang dipelajari. Lantas gue cengok. Masak gitu sih ? Bukannya banyak jalan menuju Roma ? Lagipula, kenapa sih kita musti berpatokan pada suatu rumus, kenapa bukan kita aja yang membuat rumus baru ??? (big question mark)

I think, we have to create our own theory, not to based on a theory. Because the mind set of each person is definitely different.

-Suci Salimah Giani-

Warm Regards,





Suci McGregory binti hoi