Chat

Selasa, 08 Mei 2012

Cyber Bullying

Cyber bullying


What is cyber bullying exactly?

Cyber bullying sendiri menurut wikipedia adalah penggunaan internet ataupun yang berhubungan dengan teknologi, untuk menyakiti orang lain, menjatuhkan mental orang lain, dan mengucilkan perasaan orang lain. Jadi secara garis besar cyber bullying itu merupakan bentuk dari "bully" dalam versi canggihnya. Yaaa berarti nggak beda jauh dong.

Biasanya cyber bullying itu terjadi di usia usia kita ini loh, jadi kita juga harus berhati-hati! Kenapa begitu? Karena pada fase remaja, manusia tersebut sedang berusaha keras untuk mencari jati dirinya. Mereka mencari tahu apa yang diri mereka inginkan sebenarnya, dengan begitu mereka memiliki tingkat keingintahuan yang sangat besar. Pada umumnya pula, fase remaja merupakan fase perpindahan dari anak-anak ke dewasa, sehingga secara emosional pun menjadi lebih rentan. sering banget kan pasti kita ngedenger kata-kata galau di berbagai jejaring sosial jaman sekarang? Nah galau itu merupakan satu kata yang cukup bisa mendefinisikan perasaan remaja di saat mereka bersedih. Meskipun terdengar lebay, tapi well, itu wajar banget. Nah saat masa transisi inilah, kita menjadi rentan terhadap bullying, terkadang korban bully ini sendiri, terus-terusan merasa lemah dan merasa tak mampu melawan, karena takut contohnya. Padahal, mereka bisa saja melawannya kalau mau, tapiiiii kadang itulah konyolnya remaja, seringkali membesar-besarkan masalah.

Soalnya cyber bullying bukan merupakan hal yang sepele, but it's totally a crime! Jelas dong perbuatan cyber bullying ini bisa ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang, serem banget kan? Jadi, buat apa sih ngelakuin yang namanya cyber bullying, toh nggak ada keuntungannya sama sekali kan?

Kalau ditanya soal akibat dari cyber bullying itu apa, jelas banyak banget dong, makanya ini disebut sebagai kriminal. Bahasa kasarnya nih dengan cyber bullying, mereka sudah membunuh satu sama lain, mematikan peran dan karakter. Dampaknya bisa sampai stress, gila, gangguan kejiwaan, bahkan mungkin lebih parah dari itu, seperti kebanyakan yang terjadi pada remaja Amerika Serikat. Contohnya, pernah ada seorang remaja asal AS yang mengalami bullying, ia mengalami bully karena ternyata ia seorang gay. Anak-anak di sekolah terus saja mencacinya, dan melakukan cyber bullying terhadapnya. Sampai pada akhirnya ia menjadi stress, dan yaahh kau-tahu-maksudku. Pesan terakhirnya ia sampaikan kepada Lady Gaga sebagai inspirator selama hidupnya untuk terus bertahan, meski pada akhirnya ia sudah tak kuat lagi. Menurut survey, salah satu faktor tertinggi dari kau-tahu-maksudku adalah tindakan bully. Ngeri banget kan!

Setelah caci maki, maka akan meningkat menjadi kekerasan fisik! Super dangerous nih! Nggak boleh dibiarin, apa kita tega ngebiarin temen kita dijahatin sama temen lainnya cuma gara-gara temen kita numpahin air di kursi tempat dia duduk. Oh God, excessive!

Untuk memberantasnya, kita juga harus kenal dulu nih, gimana sih bentuk dari cyber bullying itu sendiri? Ataupun bully itu gimana... Check this out ;)

To : Whole class
From : Margareth
Hey Buds! You must see this stupid jerk picture! (photo of samantha, her classmate)

Twitter : @samantha_hewitt Hey you ugly! Get out of my timeline!
@ mstomkins Eh jelek, nggak usah sok deh lo, bacot emang!
Reima_mamimami : Males banget ada sampah masyarakat di kelas kita -->> @inaaasyaboong

Nah untuk itu kita harus waspada, dan kita juga harus peka terhadap teman-teman kita. Seperti halnya : jangan membully teman, kalau ada teman kita yang dibully harus segera dibantu, jangan malah ikut memusuhinya loh, ingat! Bully adalah kriminal terbesar! Sebagai manusia, seharusnya kita bisa melakukan yang namanya tenggang rasa, dengan bertenggang rasa kita dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain, dan menghindarkan kita dari sifat penindas. So, what are you waiting for teens? It's our turn to fight against bully, no more bully, no more sadness!

www.cyberbullying.us

DON'T FORGET TO VISIT www.stopcyberbullying.org !
And let's fight against the
CYBER BULLYING !